Sunday, 18 May 2014

Contoh RPP Tematik 2013 kelas 1 SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan       : SD/MI
Kelas                              : 1 (Satu)
Tema                             : Keluargaku
Sub tema                       : Kebersamaan dalam keluarga
Pertemuan ke               : 1 (Satu)
Semester                        : 1 (Satu)
Alokasi waktu               : 5 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantun guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.4 Membandingkan dengan memperkitakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).

PPKn
4.3    Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

C.  Indikator
Bahasa Indonesia
-       Mengurutkan gambar sehingga menjadi sebuah cerita
-       Menceritakan kegiatan kebersamaan di rumah
Matematika
-       Membandingkan berat suatu benda
-       Menggunakan istilah sehari-hari dalam membandingkan berat suatu benda
PPKn
-       Mengamati kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah bersama teman
-       Menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

D.  Tujuan
-       Dengan mengamati gambar siswa dapat mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita yang benar.
-       Dengan mengamati gambar seri siswa dapat menceritakan pengalaman pergi ke pasar dengan lancar.
-       Dengan melakukan kegiatan dalam kelompok, siswa dapat bekerja sama dengan baik.
-       Dengan melakukan pengukuran, siswa dapat membandingkan berat benda dengan tepat.
-       Setelah melakukan pengukuran, siswa dapat menggunakan istilah sehari-hari dalam membandingkan berat suatu benda.
-       Setelah mengamati kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah bersama teman, siswa dapat menceritakan kembali dengan baik.


E.  Materi, Pendekatan, dan Model Pembelajaran
1.    Materi
-       Pasar
-       Gambar cerita (cerita bergambar)
-       Perbandingan berat benda
2.    Pendekatan : Scientific
3.    Model Pembelajaran : Cooperative Learning

F.   Media dan Alat Pembelajaran
-       Buku siswa
-       Gambar pasar
-       Lima buah timbangan sederhana buatan sendiri, bisa menggunakan gantungan baju atau papan dan batu bata untuk titik keseimbangan (seperti jungkat jungkit)
-       Benda-benda yang ingin dibandingkan beratnya (dipersiapkan sebelumnya oleh guru/dibawa siswa dari rumah sebagai tugas kelompok).

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.  Mengajak semua siswa berdoa (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.  Melakukan presensi kehadiran siswa
3.  Mengajak siswa untuk menyanyi “satu dua tiga”
4.  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Keluargaku” sub tema “Kebersamaan dalam Keluarga”

Inti
Langkah-langkah Kegiatan 1
1.  Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan guru bahwa banyak hal yang dapat dilakukan bersama keluarga, misalnya pergi ke pasar, rekreasi.
2.  Guru menempelkan gambar suasana di pasar.
3.  Perbincangan singkat mengenai pasar.
4.  Guru membuat tabel di papan tulis, siswa maju ke depan mengisi.
5.  Siswa diminta untuk menebali teks di buku siswa halaman 77.
6.  Siswa ditunjukkan gambar seri dan diminta menceritakan dan mengurutkan gambar. Dalam hal ini siswa disuruh maju ke depan.

Langkah-langkah Kegiatan 2
1.  Penjelasan tentang membandingkan dua buah benda.
2.  Guru menunjukkan alat pembanding berat benda.
3.  Bagi siswa menjadi lima kelompok.
4.  Siswa mencoba membandingkan berat benda-benda yang sudah disiapkan dengan menggunakan timbangan buatan, yaitu gantungan baju.
5.  Sebagai penutup siswa berlatih soal-soal.

Penutup
1.  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
2.  Bertanya tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3.  Pesan moral untuk siswa.
4.  Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan belajar).

Kegiatan Bersama Orang Tua
1.  Orang tua mengenalkan barang apa saja yang sering dibeli oleh ibu di pasar.
2.  Mengajak siswa untuk ikut ke pasar.




H.  Penilaian
Penilaian :        a. Penilaian Hasil
b. Penilaian Proses

Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1
Kepala Sekolah SD,                                                             




                                                                                                                                                               
                                                                                               


untuk kegiatan pembelajaran, anda bisa mengembangkannya sendiri tergantung dengan situasi dan kondisi kelas.


No comments:

Post a Comment