Thursday, 9 April 2015

DIKSI ATAU PILIHAN KATA



DIKSI ATAU PILIHAN KATA
Diksi atau pilihan kata merupakan hal yang harus diperhatikan baik ketika berbicara maupun menulis. Setiap kata yang digunakan harus sesuai dengan konteks yang ada agar tidak menimbulkan kerancuan makna.

MAKNA DENOTATIF DAN MAKNA KONOTATIF
Makna denotatif merupakan makna sebenarnya dari sebuah kata. Merupakan wujud eksplisit yang langsung tersirat dari sebuah kata tanpa perlu ada pemikiran lain untuk mengaitkannya dengan hal yang lain. Misalnya kata tidur yang berarti memang melakukan kegiatan tidur tanpa ada makna lain.
Makna konotatif merupakan makna tidak sebenarnya dari sebuah kata. Merupakan wujud implisit yang harus digali makna lainnya. Misalnya kata tidur yang denotatifnya merupakan melakukan kegiatan tidur, namun melalui makna konotatif tidur bisa berarti berhenti ataupun mati. Makna konotatif biasanya untuk menggambarkan hal-hal yang masih dianggap tabu dan disesuaikan dengan konteks yang ada misalnya wafat untuk mati, bunting untuk hamil dan masih banyak lagi.

KATA UMUM DAN KATA KHUSUS
Kata umum merupakan kata dengan cakupan luas dan akan memberikan banyak makna atau tujuan. Seperti ikan, buah, binatang dan kendaraan. Ikan merujuk pada cakupan yang lebih luas dan memerlukan penjelasan atau tambahan yang lebih spesifik seperti ikan asin, ikan koi , ikan lele, dan lain-lain karena ikan itu spesies atau macamnya lebih dari satu. Sama halnya dengan kendaraan yang mempunyai cakupan luas seperti mobil, truk, sepeda, hingga bus.
Kata khusus merupakan kata yang lebih spesifik dan cakupannya sempit. Sehingga bisa langsung diketahui intinya dengan mudah. Misalnya bus, truk, mobil, ikan lele, ikan koi, dan lain-lain itu merupakan kata khusus yang lebih spesifik untuk menerangkan kata umum yang generik.
Kata umum disebut juga dengan superordinat dan kata khusus disebut dengan hiponim.

No comments:

Post a Comment