Saturday, 15 August 2015

TIPS USM PKN STAN 2015 (Verifikasi Sampai Tes Tertulis)


Haloooooo Pejuang USM PKN STAN 2015/2016!!!!!

Alhamdulillaah tahun ini Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang akhirnya berganti nama menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN membuka pendaftaran calon mahasiswa baru. Setelah diterpa ribuan isu mulai dari status, pendaftarannya, dan lainnya akhirnya PKN STAN menunjukkan jati dirinya kembali. 

Tahun ini, USM PKN STAN mengadakan tahapan tes secara padat, mepet dan mendadak. Serius! Jadwal-jadwalnya sangat padat, duh kasian panitia USMnya.


Enaknya, USM PKN STAN tahun ini hanya mengadakan dua tahap tes. Yaitu tes tertulis dan tes kesehatan/fisik. Padahal, dulu-dulunya selalu ada tes wawancara. Menurut aku ya, tes wawancara ini yang paling menentukan kelolosan peserta USM karena bisa menutupi kekurangannya ketika tes tahapan sebelumnya.

Ini kan pendaftarannya sudah ditutup, jadi tinggal verifikasi berkas dan tes. Untuk verifikasi berkas, aku menyarankan agar kalian para penjuang harus datang ke BDK/lokasi yang ditunjuk PAGI PAGI BUTA. Haha kalau bisa setelah waktu subuh udah dateng di BDK hehe. Eitss, jangan lupa 2 atau 1 hari sebelum hari verifikasi semua persyaratan harus sudah terpenuhi dan sudah dimasukkan dalam stopmap dan dimasukkan di dalam tas yang akan kalian bawa. Jangan sampai ada yang tertinggal. Fatal!

Ketika sudah sampai di lokasi, pastikan segera cari tahu tipe pembagian nomor urut verifikasi. Apabila pembagian nomor urut belum dimulai, segera cari tahu juga. Berdasarkan pengalamanku di BDK Malang itu berdasarkan tempat duduk di tempat tunggu. Jadi, ketika sampai langsung cari tempat duduk yang telah disediakan. Kalau bisa yang paling depan. Namun, kalau teryata ketika kalian datang nomor sudah dibagikan, segera cari orang yang membawa nomor urut tersebut.

Kenapa harus datang lebih awal? Agar apabila kalian ada salah-salah kata atau salah berkas bisa segera diperbaiki/benahi/ambil daripada harus kembali lagi di lain hari. Oh ya, biasanya kan juga ada yang tiba-tiba lupa berkasnya ada yang tertinggal terus harus balik lagi ke rumah kan, kalian bisa dekati dia dan ajak untuk bertukar nomor antrean hahaha. Biasanya ada yang gitu. Biasanya.

Terus setelah verifikasi ngapaian lagi? Nah kalian kan pas verifikasi bakalan dikasih BPU (Bukti Peserta Ujian), di BPU itu terdapat lokasi tes tertulis kalian. Apabila waktu masih memungkinkan, kalian bisa langsung cek ke lokasi daripada harus menunggu esok hari (kalau belum tahu lokasinya). Tapi kalau tidak memungkinkan, kalian bisa datang H-1/H-2 Tes tertulisnya. Pokoknya harus tahu lokasi ujiannya sebelumnya, ini serius! Kenapa? Agar ketika hari H ujian tidak bingung hahaha.

Oh ya, sebelum tes tulis, kalian harus banyak banyak berlatih soal USM tahun-tahun sebelumnya sama prediksi-prediksinya. Ini penting! Sepintar apapun kalian, soal USM STAN itu masih dianggap mematikan hehe :D Minimal sehari 1 paket/tahun soal lah. Karena bisa itu karena biasa. Terus jangan lupa berdoa terus. Ibadahnya ditambah. Kan kalau mimpinya gede berarti usahanya ikutan gede dong, ibadahnya ikutan gede juga.

Jika kalian berada di kota lain di luar kota lokasi USM, datanglah satu atau dua hari sebelum hari H. Siapa tahu jet lag hehe. Serius! Temenku dulu ada yang mabok di perjalanan, akhirnya dia gak fokus ngerjain , padahal dia pinter banget L Jangan lupa minta doa ke orang tua, kakek nenek, paman bibi, saudara, guru-guru, mantan jugaa looooooooo. Biar berkaahhh.. jangan lupa sedekah juga ya ke sesama semampunya.

Ketika sudah di lokasi USM sebelum hari H, pastikan dulu gedung mana ruangmu. Kadang, bisa juga cek tempat duduknya juga. Perkiraan jarak antara kos/rumah ke lokasi ujian agar tidak terlambat.

Ketika hari H tiba...

Pagi pagi jangan lupa sarapan, minum susu, ambil wudhu bagi yang islam. Minta doa ke orang tua lagi. Berangkat dengan hati tenang dan jangan panik walaupun sepertinya sainganmu bertampang lebih pintar daripada kamu. Kamu nggak kalah pintar kok!

Bawalah tisu juga buat pengelap tangan apabila basah kena keringat pas mengerjakan soal agar tidak mengotori LJK. Bawalah alat tulis secukupnya pokoknya nggak boleh pinjam teman lainnya.

Menyapa teman-teman baru juga tidak ada salahnya kok, guys! Malah bisa menambah kenalan dan sapa tahu berujung gebetan hehe. Bercanda! 

Ketika mengerjakan soal, kerjakan dengan teliti dan usahakan di setiap jawaban adalah jawaban yang terbaik dari kamu. Buktikan pada semesta bahwa kamu memang layak untuk menjadi The Next PKN STANers 2015!!!

Good Luck, Pejuang USM!!

No comments:

Post a Comment