Friday, 12 February 2016

[CERBUNG] UNTITLED



“Jika saja waktu dapat ku putar kembali, semua ini tidak akan menimpaku.”

Terik matahari menyinari tubuh gempal itu. Peluh keringat bertetesan di tubuh itu pula. Hari ini dia akan bekerja selama 8 jam. Sejak pukul 08.00 dia telah memulai aktivitasnya sebagai kuli bangunan di sebuah proyek pembangunan rumah milik seorang pejabat. Dengan cekatan dia mengangkat timba-timba berisi adonan semen untuk diberikan kepada rekan kerjanya.

“Hari ini aku mau segera pulang, Don!” teriaknya kepada Doni, rekan kerjanya. “Kenapa emang, Gus?” tanya Doni. “Hari ini anakku berulang tahun, aku sudah berjanji kepadanya untuk segera pulang dan membawakan sebuah kue ulang tahun untuknya,” jawabnya. Hati Bagus berbunga-bunga karena hari ini adalah hari ulang tahun Dinda, anak semata wayangnya yang merupakan satu-satunya harta karun terbesarnya.

Kembali ke masa 10 tahun lalu.

Berpegang ijazah SMA, Bagus yang berasal dari sebuah desa kecil di pinggiran selatan pulau Jawa nekat mengadu nasib ke pulau seberang. Ke sebuah pulau dimana “katanya” akan mudah mendapatkan pekerjaan. Berbekal uang simpanan ibunya, dia pun berangkat. Sesampainya di sana, dia menemui Anto, kakak kelas SMAnya dulu yang telah sukses bekerja di pulau itu. Akhirnya, dia ditampung sementara di kos-kosan Anto untuk sementara waktu.

“Kamu punya keahlian apa Gus?” tanya Anto. “Hmm apa ya? Saya bisa ngetik komputer dikit-dikit mas”, jawab Bagus. “Ya sudah, nanti aku tanyakan teman-temanku apakah ada yang butuh pekerja”, kata Anto. “Iya mas, saya juga akan cari-cari. Nanti kalau saya sudah dapat pekerjaan, saya ngekos sendiri ya”, kata Bagus.

Setelah seminggu di pulau itu, akhirnya Bagus mendapat pekerjaan dari salah seorang teman Anto sebagai karyawan di sebuah CV. Bagus yang memang merupakan pekerja keras dan tekun selalu mendapatkan pujian baik dari atasan dan teman-temannya. Dia pun telah keluar dari kos-kosan Anto dan menyewa sebuah kamar di dekat kantornya dan telah bisa sesekali mengirimkan uang kepada Ibunya di rumah.



((BERSAMBUNG))

No comments:

Post a Comment